Syair Taufik Ismail untuk sahabatnya (Mahasiswa IPB yang menghilang selama 15 tahun)

Syair untuk Seorang Petani dari Waimital (Pulau Seram) yang pada Hari Ini Pulang ke Almamaternya

I

Dia mahasiswa tingkat terakhir
ketika di tahun 1964 pergi ke pulau Seram
untuk tugas membina masyarakat tani di sana.
Dia menghilang
15 tahun lamanya.
Orangtuanya di Langsa
memintanya pulang.
IPB memanggilnya
untuk merampungkan studinya,
tapi semua
sia-sia.

II

Dia di Waimital jadi petani
Dia menyemai benih padi
Orang-orang menyemai benih padi
Dia membenamkan pupuk di bumi
Orang-orang membenamkan pupuk di bumi
Dia menggariskan strategi irigasi
Orang-orang menggali tali air irigasi
Dia menakar klimatologi hujan
Orang-orang menampung curah hujan
Dia membesarkan anak cengkeh
Orang kampung panen raya kebun cengkeh
Dia mengukur cuaca musim kemarau
Orang-orang jadi waspada makna bencana kemarau
Dia meransum gizi sapi Bali
Orang-orang menggemukkan sapi Bali
Dia memasang fondasi tiang lokal sekolah
Orang-orang memasang dinding dan atapnya
Dia mengukir alfabet dan mengamplas angka-angka
Anak desa jadi membaca dan menyerap matematika
Dia merobohkan kolom gaji dan karir birokrasi

Kasim Arifin, di Waimital
Jadi petani.

III

Dia berkaus oblong
Dia bersandal jepit
Dia berjalan kaki
20 kilo sehari
Sesudah meriksa padi
Dan tata palawija
Sawah dan ladang
Orang-orang desa
Dia melintas hutan
Dia menyeberang sungai
Terasa kelepak elang
Bunyi serangga siang
Sengangar tengah hari
Cericit tikus bumi
Teduh pohonan rimba
Siang makan sagu
Air sungai jernih
Minum dan wudhukmu
Bayang-bayang miring
Siul burung tekukur
Bunga alang-alang
Luka-luka kaki
Angin sore-sore
Mandi gebyar-gebyur
Simak suara azan
Jamaah menggesek bumi
Anak petani mengaji
Ayat-ayat alam
Anak petani diajarnya
Logika dan matematika
Lampu petromaks bergoyang
Angin malam menggoyang
Kasim merebah badan
Di pelupuh bambu
Tidur tidak berkasur.

IV

Dia berdiri memandang ladang-ladang
Yang ditebas dari hutan rimba
Di kakinya terjepit sepasang sandal
Yang dipakainya sepanjang Waimital
Ada bukit-bukit yang dulu lama kering
Awan tergantung di atasnya
Mengacungkan tinju kemarau yang panjang
Ada bukit-bukit yang kini basah
Dengan wana sapuan yang indah
Sepanjang mata memandang
Dan perladangan yang sangat panjang
Kini telah gembur, air pun berpacu-pacu
Dengan sepotong tongkat besar, tiga tahun lamanya
Bersama puluhan transmigran
Ditusuk-tusuknya tanah kering kerontang
Dikais-kaisnya tanah kering kerontang
Dan air pun berpacu-pacu
Delapan kilometer panjangnya
Tanpa mesin-mesin, tiada anggaran belanja
Mengairi tanah 300 hektar luasnya
Kulihat potret dirimu, Sim, berdiri di situ
Muhammad Kasim Arifin, di sana,
Berdiri memandang ladang-ladang
Yang telah dikupasnya dari hutan rimba
Kini sekawanan sapi Bali mengibas-ngibaskan ekor
Di padang rumput itu
Rumput gajah yang gemuk-gemuk
Sayur-mayur yang subur-subur
Awan tergantung di atas pulau Seram
Dikepung lautan biru yang amat cantiknya
Dari pulau itu, dia telah pulang
Dia yang dikabarkan hilang
Lima belas tahun lamanya
Di Waimital  Kasim mencetak harapan
Di kota kita mencetak keluhan
(Aku jadi ingat masa kita diplonco
Dua puluh dua tahun yang lalu)
Dan kemarin, di tepi kali Ciliwung aku berkaca
Kulihat mukaku yang keruh dan leherku yang berdasi
Kuludahi bayanganku di air itu karena rasa maluku
Ketika aku mengingatmu, Sim
Di Waimital engkau mencetak harapan
Di kota, kami …
Padahal awan yang tergantung di atas Waimital, adalah
Awan yang tergantung di atas kota juga
Kau kini telah pulang
Kami memelukmu.

Catatan:

Bagian IV syair puisi ini dibacakan oleh sahabatnya, yakni Bpk Taufiq Ismail, pada hari wisuda Institut Pertanian Bogor di kampus Darmaga, Sabtu, 22 September 1979, sesudah Antua M. Kasim Arifin (lahir Langsa-Aceh Timur, 18 April 1938) menerima gelar “Insinyur Pertanian Istimewa”.

Sebelumnya, Kasim yang sudah 15 tahun dikabarkan hilang (sejak melaksanakan Kuliah Kerja Nyata thn 1964 untuk memperkenalkan program Panca Usaha Tani) tapi ternyata menanam akar di Waimital – Maluku, sehingga enggan memenuhi panggilan Rektor Prof. Dr. Ir. Andi Hakim Nasoetion. Pada kali ketiga kedatangan utusan Rektor, yaitu sahabatnya Saleh Widodo, baru Kasim mau datang ke Bogor. Dia terharu karena penghargaan almamaternya, tapi pada hakekatnya dia tidak memerlukan gelar akademik.

Pada hari wisuda itu Kasim yang berbelas tahun berkaus oblong dan bersandal jepit saja, kegerahan karena mengenakan jas, dasi dan sepatu, hadiah patungan sahabat-sahabatnya. Mahasiswa-mahasiswa IPB mengerubunginya selalu dan mengaguminya sebagai teladan keikhlasan pengamalan ilmu pertanian di pedesaan. Berbagai tawaran pekerjaan disampaikan padanya, tapi dia kembali lagi ke desa Waimital sesudah wisuda. Kemudian sesudah itu dia menerima pekerjaan sebagai dosen di Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, di tanah asalnya (pensiun tahun 1994). Tawaran meninjau pertanian di Amerika Serikat ditolaknya.

Ketika ditanya kenapa kesempatan jalan-jalan ke A.S. itu tak diterimanya, sambil tertawa Kasim berkata bahwa pertama-tama jangankan bahasa Inggris, bahasa Indonesianya saja sudah banyak lupa. Kemudian yang penting lagi, katanya, apa manfaatnya meninjau pertanian di sana, yang berbeda sekali dengan pertanian kita di sini. Kesempatan meninjau sambil liburan tamasya ke A.S. itu tak menarik hatinya…
Beliau memang telah lama tiada, tapi kisah inspiratifnya tetap selalu terkenang. Beliaulah Mahasiswa sejati, yang akan selalu dikenang di negeri ini…

Leave a Comment

Menganalisis bunyi “beep” pada saat menyalakan laptop

Suara “beep” pada umumnya akan keluar dari laptop atau komputer setiap kali melakukan proses booting sebelum akhirnya laptop atau komputer berhasil masuk kedalam sistem operasi.

Namun pada dasarnya bunyi “beep” bukan karena tidak sengaja muncul. Bunyi “beep” yang keluar dari perangkat laptop atau komputer merupakan pertanda masalah tertentu yang terjadi pada laptop atau komputer. Analisis suara seperti ini memang seringkali digunakan bagi seorang penganalisa masalah pada komputer.

  • Bunyi “beep” pendek sekali berarti komputer atau laptop temen-temen berhasil melakukan dan menghidupkan semua komponen yang dibutuhkan untuk prosse boot up sebuah perangkat komputer. Jika bunyi ini terdengar namun perangkat tidak menyala, coba cek monitor temen-temen.
  • Bunyi “beep” pendek 2 kali berarti terdapat masalah pada konfigurasi atau setting CMOS.
  • Bunyi “beep” panjang sekali dan pendek sekali artinya ada masalah pada perangkat keras motherboard atau memory temen-temen. Pastikan kedua perangkat tersebut telah terpasang dengan baik.
  • Bunyi “beep” panjang sekali dan pendek 2 kali menandakan adanya masalah pada monitor atau VGA card.
  • Bunyi “beep” panjang 1 kali dan pendek 3 kali artinya terdapat masalah pada keyboard temen-temen. Cobalah untuk membersihkan Keyboard temen-temen.
  • Bunyi “beep” panjang sekali dan pendek 9 kali terdengar jika ada masalah pada RIOM BIOS perangkat temen-temen.
  • Bunyi “beep” panjang secara terus menerus berarti terdapat masalah pada RAM temen-temen.
  • Bunyi “beep” terdengar pendek dan terus menerus menandakan adanya masalah penerimaan tegangan atau power pada Laptop.

Leave a Comment

Rokok itu gak bahaya! Sumpah….

Disekitar kita, tidak sedikit banyak orang yang sangat takut akan rokok. Saya berharap mulai sekarang tidak perlu khawatir dan merasa takut lagi dengan rokok. Karena ROKOK itu ternyata GAK BAHAYA!! Gak percaya?? Coba simak dulu dehh cerita dibawah ini :

Di zaman dahulu kala, ada tiga orang bersahabat. Mereka selalu bersama kemana saja mereka pergi. Tapi ketiga-tiganya memiliki kegemaran yang berbeda satu sama lainnya :

Si A (Suka main perempuan)

Si B (Suka minum minuman keras)

Si C (Suka segala jenis rokok)

Suatu hari ketiga bersahabat ini berjalan-jalan tanpa tujuan. Tiba-tiba ketiganya bertemu dengan sebuah kendi (seperti cerita Aladin). Lalu salah seorang mengambilnya lalu menggosok-gosokkan kendi tersebut. Kemudian asap keluar dari corong kendi tersebut dan secara perlahan berganti menjadi satu makluk yang menyeramkan yakni sesosok jin!

Lalu jin tersebut tertawa: “Ha…. ha…. ha…. Akulah adalah Jin Ifrit! Karena kamu telah membebaskan aku dari kendi itu, maka aku akan mengabulkan masing-masing satu permintaan!!!”.

Ketiga sahabat tersebut yang pada awalnya panik dan takut, menjadi gembira. Lalu sejenak termenung dan berpikir kira-kira apa yang akan mereka pinta kepada jin tersebut. Setelah berfikir, akhirnya mereka meminta kepada si jin sesuai dengan kegemaran mereka masing-masing.

Berkatalah si A, “Aku mau perempuan-perempuan muda dari berbagai bangsa di seluruh dunia dan letakkan dalam sebuah gua tertutup dan jangan ganggu aku selama 10 tahun.” Puff….!! Dengan sekejap mata jin itu menyempurnakan permintaan si A.

Berkata si B, “Aku mau semua jenis arak dari seluruh dunia untuk bekal selama sepuluh tahun dan letakkan dalam sebuah gua tertutup dan jangan ganggu aku selama 10 tahun.” Puff….!! Dengan sekejap mata jin itu menyempurnakan permintaan si B.

Berkata pula si C, “Aku mau semua jenis rokok dari seluruh dunia untuk bekal selama sepuluh tahun dan letakkan dalam sebuah gua tertutup dan jangan ganggu aku selama 10 tahun.” Pufff….!! Dengan sekejap mata jin itu menyempurnakan permintaan si C.

Setelah genap 10 tahun, maka jin tersebut muncul kembali untuk membuka pintu gua masing-masing sebagaimana yang dijanjikan.

Maka jin tersebut membuka pintu gua si A, ketika dibuka maka keluarlah si A dengan keadaan kurus kering, berdiri pun tidak bisa karena tidak sanggup untuk menggerakkan lutut, sebab hari-harinya hanya memuaskan nafsu dengan perempuan. Tiba-tiba si A jatuh ketanah, lalu mati!!

Setelah itu jin tersebut pergi ke gua si B, ketika pintu dibuka maka keluarlah si B dengan perut yang sangat buncit karena hari-harinya dipuaskan dengan mabuk-mabukan. Jalan pun terhuyung-huyung. Tiba-tiba si B pun jatuh ketanah, lalu mati !!

Setelah itu jin pergi ke gua si C dan membuka pintu gua. Tiba2 si C keluar dalam keadaan SEGAR BUGAR, bahkan lebih SEGAR dari sebelumnya. Lalu tiba-tiba si C menampar si jin, sambil memaki si jin ia berkata:

“JIN SIALAAAANNNN…..!!!! KOREKNYA MANA……??!!!!”

Nilai moral :  

ROKOK itu GAK BAHAYA,,
 selama TIDAK ADA KOREK!!!! :p

Read more: http://priawadi.blogspot.com/2012/03/sumpah-rokok-itu-gak-bahaya.html

Leave a Comment

IPB Menangkan 24 Jam Coding Nokia Lumia

Saya dan temen-temen dari IPB


Mahasiswa IPB menangkan “Coding 24 Jam” Lumia – Akhirnya acara Coding 24 Jam Nokia Lumia telah selesai digelar pada hari ini, Minggu (5/2/2012). Capek memang, tapi tak apalah yang penting bisa mengambil pelajaran yang banyak dari itu semua. Dari gimana capeknya tidak tidur semaleman, gimana susahnya belajar buat pemula seperti saya. Karena memang saya baru belajar yang namanya membuat aplikasi Windows Mobile dari acara ini. Dari bikin action pada button sampai yang lainnya saya mulai dari awal disitu. Memang sieh dari awal niat saya bukan untuk mendapatkan LUMIA, tapi untuk BELAJAR walaupun sedikit “ngarep” buat depet LUMIA. hehe

Banyak kejadian yang ANEH dan SERU yang tidak bisa dilupakan dari acara itu. Dari “kebanjiran” makanan MEWAH, AC-nya yang sangat dingin (bikin masuk angin), twit yang kocak dari temen-temen Developer yang kebetulan twit-nya ditampilkan di Big Screen di depan. Dari yang twit nyeleneh sampai twit mencari jodoh! Haha, kebetulan juga acaranya pas malam minggu! Jadi biasalah, kesempatan ini dimanfaatkan sepenuhnya oleh para JOMBLO’erz buat ajang nyari jodoh. Apalagi banyak Developer Cantik yang juga ikutan acara ini dan sama-sama nginap di Graha Mandala Siliwangi, Bandung. Jadi sekalian cuci mata deh :p. Satu yang bisa disimpulkan, ternyata banyak Developer yang geloo!! haha… Tapi kayaknya bakalan kangen sama –> #codinglumia24hours bersama Big Screen-nya. :p

Acara ini sungguh membuat saya tersiksa, sumpah! Saya harus bolak-balik toilet karena masuk angin dan gak enaknya ngantrinya itu lhoo. Tapi tak apalah, saya sangat sejahtera disana. Tiap waktu dan tiap menit adaaa…. adaa aja makanan yang disediakan oleh panitia. Dimulai dari makanan berat, sampai cemilan-cemilan dan tak lupa KOPI sebagai teman begadang. Bisa disimpulkan kerjaan saya bersama 800 lebih Developer disana cuman MAKAN, NGODING, MAKAN, SHOLAT dan TOILET!

Dalam acara ini tercatat ada 173 aplikasi yang berhasil rampung. Dari jumlah itu kemudian diseleksi menjadi 21 terbaik yang kemudian dipilih menjadi 8 pemenang. Delapan aplikasi terbaik/pemenang dalam acara ini adalah: Buzzlemall, Citizen Hero, The Garbager, Gogo Keto, Movieblist, Shelterview, Spothemall dan Wayang Solitaire. Dan yang paling bikin senang adalah karena salah satu dari 8 aplikasi yang menjadi pemenang merupakan perwakilan dari Institut Pertanian Bogor yaitu Karimul Makhtidi dan Adhitya Wibawa Putra pengembang aplikasi Wayang Solitaire. Wah, seneng banget… Setidaknya kami dari IPB tidak sia-sia jauh-jauh dari Bogor ke Bandung mengikuti acara ini, karena setidaknya ada dari perwakilan kami yang Memenangkan Perlombaan dan mendapatkan 1 unit Nokia Lumia 800. Selamat ya… ^^

Sumber : http://priawadi.blogspot.com/2012/02/mahasiswa-ipb-menangkan-coding-24-jam.html

Leave a Comment

Deddy Mizwar Tertarik Bikin Film di Bengkulu

Kedatangan Deddy ini sekaligus mempromosikan film terbarunya Alangkah Lucunya (Negeri Ini). “Bengkulu ternyata memiliki potensi yang sangat bagus untuk dikembangkan. Tadi saya makan gulai pakis, rasanya enak sekali. Saya sampai nambah 2 kali. Itu bisa dikembangkan, wisata kuliner,” katanya.

Deddy menilai, lokasi wisata Bengkulu cukup menjual. Karena ini ia sangat tertarik memproduksi film di Bengkulu. Namun ia masih memikirkan konsep film seperti apa yang pas dibuat di Bengkulu. “Ternyata banyak lokasi yang bisa dijual. Selama ini tidak terdengar di luar,” ujarnya.

Film Alangkah Lucunya (Negeri Ini) telah diputar di bioskop seluruh Indonesia. Bengkulu dipilih sebagai salah satu daerah launching film yang mengangkat tema sosial ini. Film ini menggambarkan cerita negeri kita apa adanya. Film yang ceritanya digodok selama 9 tahun ini bukan dikhususkan untuk mengkritik pemerintah. “Tak ada yang dikritik. Tetapi banyak wajah yang termarjinalkan dan itu yang terjadi. Saya tidak berpihak, tetapi saya hanya membuat fenomena,” ujar Deddy.(rei)

Leave a Comment

Genset Meledak, Rumdin Kapolda Nyaris Terbakar

Peristiwa kemarin (10/7) pukul 11.35 WIB tepatnya di Jalan Indra Giri, Padang Harapan sempat menghebohkan warga sekitar. Pasalnya saat listrik siang itu tengah padam, tiba-tiba terdengar suara ledakan di rumdin Kapolda.

Ternyata suara ledakan itu berasal dari genset di belakang rumdin Kapolda yang dihidupkan 2 pembantu, Adi (25) dan Agus (27). Ledakan ini menimbulkan api yang besar dan mulai mengeluarkan asap tebal.

Kepanikan merundung rumdin tersebut. Kapolda dan keluarganya yang berada di dalam rumah langsung keluar. Sementara ajudan, petugas penjaga dan pembantu rumdin tersebut sibuk berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Termasuk isi di dalam rumah tersebut sempat diangkat keluar.

Tak lama kemudian, setidaknya 7 armada unit pemadam kebakaran (PBK) dan satu unit armada Water Canon kepolisian diturunkan untuk memadamkan api. Sekitar 15 menit, api berhasil dipadamkan petugas.

Walaupun hanya kejadian kecil, tak urung lalu lintas di Jalan Indra Giri terpaksa ditutup dan dialihkan ke belakang kantor Panwaslu. Bahkan, Gubernur dan Walikota serta hampir seluruh pejabat tinggi Polda dan Polres Bengkulu turun ke lokasi.

Kapolda saat di temui wartawan disela-sela pendinginan api kemarin mengungkapkan, kejadian tersebut hanya kecelakaan kecil. ‘’Cuma genset aja kok. Yang rusak cuma tembok dan beberapa atap genteng. Kerugian tidak besar, paling cuma Rp 1 juta,’’ kata Kapolda.

Ada yang menarik dari kebakaran kemarin, Kapolda yang cukup ramah dengan wartawan ini sempat terlihat sibuk memberi arahan kepada petugas PBK. ‘’Tolong seng di belakang rumah itu jangan dirusak semua, cukup 5 seng saja. Nanti kalau ditambah rusaknya nanti wartawan mengira kerugiannya tambah lagi,’’ canda Kapolda. (cik/cw5)

Leave a Comment

Ngutil, Karyawati Dijebloskan ke Sel

Ditahannya Se, permula dtertangkap oleh Sofian Yusuf (49), pemilik toko, mengambil 2 lembar baju kaos dan 2 lembar celana ketat, kemarin (1/7) pukul 11.00 WIB. Namun insiden pencurian itu sendiri berlangsung Rabu (10/6) sekitar pukul 10.00 WIB.

Sofian yang tak dapat lagi mentolerir karyawatinya itu, terpaksa menyerahkan ke polisi. Ia tak peduli dengan rengekan dan tagisan Se yang mengiba agar perbuatannya dimaafkan dan tak sampai ke polisi.

‘’Sekarang Se masih kami periksa. Untuk lebih jelasnya, kita tunggu hasil pemeriksaan penyidik,’’ tegas Kapolres Bengkulu, AKBP. H. Joko Suprayitno, SST, MK melalui Kasat Reskrim, AKP. Ananto Herlambang kepada RB.

Selain mengamankan Se, polisi juga mengamankan barang bukti berupa 2 lembar baju kaos wanita dan 2 lembar celana panjang ketat. Dimana versi korban, barang itulah yang diambil Se tanpa sepengetahuannya. ‘’Begitu menerima laporan, saat itu juga tersangkan kami jemput di tempat kerjanya,’’ papar Ananto.

Tersangka ditemui RB di sela pemeriksaan polisi mengakui perbuatannya. Walaupun awalnya membantah. ‘’Aku mengambil baju dan celano ko untuk dipakai sendiri. Bukan untuk dijual,’’ kata Se.

Sesuai laporan korban, saat mengambil celana dan baju itu, korban sedang tidak berada di toko. Hingga akhirnya korban menyadari barang dagangannya ada berkurang, saat mengecek jumlah barang yang laku dijual dengan uang masuk.

Terang saja korban curiga kepada Se. Awalnya Se tidak mengakui perbuatannya. Setelah didesak akhirnya Se mengaku. Bahkan Se sempat mengembalikan pakaian yang sudah disimpannya di rumah, namun tetap tak dapat dimaafkan Sofian yang lebih memilih memenjarakan karyawatinya itu.(sca)

Leave a Comment